Official Website STPM Santa Ursula

Kerjasama dengan STPM Santa Ursula, Puskesmas Kota Ende Gelar Skrining Kesehatan

stpmsantaursula.ac.id, Ende – Menindaklanjuti program Kementrian Kesehatan terkait Penyakit Tidak Menular (PTM), Puskesmas Kota Ende bekerja sama dengan pihak Lembaga Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende, melalui bidang kemahasiswaan yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), melakukan tes skrining kepada para dosen dan pegawai serta mahasiswa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 07 Oktober 2023, mulai pada pukul 08.00 WITA, bertempat di Pelataran Kantor Yayasan Nusa Taruni Bhakti. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai metode, pemeriksaan dan Pencegahan awal terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Reproduksi.

Petra F. Kade, Penanggung jawab Administrasi Kesehatan Penyakit tidak menular dan Kesehatan Jiwa menyampaikan: ”mengingat ada program kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan yakni terkait dengan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM), dengan rentang usia minimal 15 tahun ke atas, maka kami melakukan kegiatan skrining di seluruh wilayah kerja puskesmas Kota Ende, dan pada hari ini jadwal untuk pemerinksaan di Lembaga STPM. Harapan kami bagi seluruh warga masyarakat yang telah berusia 15 tahun ke atas untuk rutin melakukan pemeriksaan bulanan, karena pemeriksaan tersebut gratis tidak dipungut biaya.”

Dan jikalau hasil skriningnya tinggi misalnya tekanan darah tinggi, dan juga gula darah tinggi, maka akan dilanjutlan pemeriksaannya ke Puskesmas. Dan pada skrining hari ini, didapatkan 2 orang yang mengalami gejala Penyakit Tidak Menular dan akan dilanjutkan Pemeriksaannya di Puskesmas Kota Ende, tambahnya.

Mewakili Lembaga STPM Santa Ursula Ende, Patricius M. Botha, S.Fil., M.Si, selaku Dosen Pendamping Kemahasiswaan kepada media ini menyampaikan bahwa ” kami dari Lembaga menyampaikan terimakasih kepada pihak kesehatan khususnya Puskesmas Kota Ende, yang telah melakukan edukasi kesehatan praktis kepada kami di STPM santa Ursula Ende, sehingga mahasiswa kami tidak hanya sehat secara rohani, namun juga sehat secara jasmani. Ini merupakan bentuk perhatian khusus terhadap kesehatan mahasiswa.” Tak lupa pula kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada adik-adik Pengurus BEM STPM yang sudah berpartisipasi dan memfasilitasi sehingga dapat menyukseskan kegiatan ini, sambungnya.

Sementara itu Ketua BEM STPM Santa Ursula Ende, Fortunatus Gene Dhosa, memyampaikan terimakasih kepada pihak Puskesmas Kota Ende yang sudah berinisiatif untuk melakukan skrining kesehatan kepada Civitas Akademika. “Ini merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ende kepada kami sebagai generasi muda, agar kami tetap dalam keadaan sehat dalam belajar, agar nantinya kami bisa menjadi generasi harapan masa depan bangsa dan tanah air yang berkualitas.”, Sambung pria yang akrab disapa fortus tersebut. Pada kloter yang pertama, sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 200 orang civitas akademika STPM Santa Ursula Ende.

Artikel ini diambil dan telah terbit pada situs berita Atalomba.com

Baca selengkapnya disini