Official Website STPM Santa Ursula

Seminar Nasional Tentang Pemilu

stpmsantaursula.ac.id, Ende – Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat ( STPM ) Santa Ursula Ende kembali menggelar kegiatan seminar nasional dalam rangka memeriahkan perayaan Dies Natalis ke-51 kampus tersebut. Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan di Aula SMPK Santa Ursula Ende, Sabtu 4 Maret 2023.

Seminar nasional yang mengusung tema “Pemilu dan Ekspektasi Rakyat, Demokratisasi, Partisipasi, dan Seleksi Kepemimpinan Berkualitas” tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber hebat.

Mereka antara lain, Anggota DPD RI Angelius Wake Kako, M.Si, pengamat sosial politik dan pembangunan sosial Elias Cima, S.Sos, MA, dan Komisioner Bawaslu Ende, Basilius Wena, SH serta anggota KPUD Ende, Izmir Riyaldi, S.Pd dengan dimoderatori oleh Richard Toulwala, S.Fil, M.Si.

Ketua STPM Santa Ursula Ende Yulita Eme, S.Sos, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Suster Yosefina Itu, OSU mengatakan, tema dalam seminar nasional tersebut sangat menarik dan sengaja dipilih karena pemilu merupakan hajatan besar bangsa Indonesia yang dalam pelaksanaannya diharapkan mampu melahirkan pemimpin yang baik, jujur, adil, dan pro terhadap rakyat.

Menurutnya, dunia politik praktis sangat dinamis karena reformasi politik di Indonesia memberikan ruang yang sangat lebar bagi dinamika tersebut melalui berbagai regulasi dibidang politik. Misalnya pemilihan umum secara langsung yang diyakini merupakan sesuatu yang konstruktif dari sistem demokrasi. Kebijakan ini menyajikan harapan baru terpilihnya pemimpin yang sesuai dengan ekspektasi rakyat.

Namun pada kenyataannya, juga menghadirkan problematika yang cukup kompleks seperti tidak semua pemimpin yang lahir dari pemilihan umum sesuai dengan harapan rakyat. Dalam masa pemerintahannya, tidak jarang pemimpin mementingkan kepentingan keluarganya dibandingkan kepentingan rakyat. Tak jarang mereka memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan untuk dirinya atau golongan.

Artikel ini diambil dan telah tayang di Pos-Kupang.com

Baca selengkapnya disini